Widget HTML Atas

KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) - MA HASAN JUFRI 2022

KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) 2022


Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi.
Kompetisi Sains Madrasah 2022 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat). 

Adapun mata pelajaran yang akan diikuti oleh peserta didik diantaranya adalah Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi, Fisika, dan Kimia), sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial (Ekonomi dan Geografi). Dari setiap mata pelajaran ini akan diikuti oleh dua peserta terseleksi.

KSM di tahun 2022 ini adalah dengan menggunakan perangkat berupa komputer secara  online/daring, MA Hasan Jufri sudah melakukan beberapa tahapan untuk memaksimalkannya. Langkah awal adalah membentuk TIM khusus agar lebih mudah mencapai target. Setelah jadwal kegiatan terbentuk, para TIM mempersiapkan tugasnya masing-masing. Dan tak lupa juga pembina yang sudah siap siaga mengawal peserta didiknya yang terpilih dalam mengikuti KSM tersebut. 

Selanjutnya, proses penjaringan peserta didik itu diseleksi terlebih dahulu dengan kegiatan pretest. Dimana setiap pembina Mata Pelajaran sudah menyiapkan beberapa soal. Begitu juga soal postest yang prosesnya sama persis, hanya saja di tahap seleksi ini yang diambil hanya dua peserta saja dan selanjutnya akan dilakukan pembinaan secara Intens.

Pasca proses pembinaan, selanjutnya dilakukan uji coba KSM Kabupaten, dan setelahnya barulah dua peserta berjuang dalam kompetisi Sains Madrasah Kabupaten secara online/daring.

Adapun jadwal KSM sebagai berikut :
Tahapan KSMWaktuTempat
KSM Tingkat Satuan Pendidikan11 – 20 Juli 2022Ditetapkan madrasah/sekolah masing-masing
Pendaftaran KSM Kabupaten/Kota13 – 26 Juli 2022Klik Disini untuk mendaftar
Pengumuman Peserta KSM Kabupaten/Kota6 Agustus 2022Kartu Peserta dan Aplikasi CBT dapat diunduh melalui akun masing-masing Madrasah
Ujicoba KSM Kabupaten/Kota9 – 11 Agustus 2022Di Satuan Pendidikan masing-masing atau tempat yang ditentukan oleh komite Kabupaten/Kota
KSM Kabupaten/Kota13 – 15 Agustus 2022Di tempat yang ditentukan oleh komite Kabupaten/Kota
Pengumuman Pemenang KSM Kabupaten/Kota18 Agustus 2022Melalui Portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan
KSM Provinsi10 – 11 September 2022Di tempat yang ditentukan oleh komite Provinsi
Pengumuman Pemenang KSM Provinsi14 September 2022Melalui Portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan
Pelaksanaan KSM Nasional Berbasis Komputer10 - 14 Oktober 2022Di lokasi KSM Nasional DKI Jakarta
Dari dua belas peserta yang mengikuti KSM di MA Hasan Jufri ada tiga yang berhasil mendapat penghargaan, atas nama Khairil Anam kelas XI-IPS dengan mapel terintegrasi Geografi meraih Juara 1, Nadhirotul Khoiro kelas XII-IPS mapel Geografi terintegrasi meraih Juara Harapan 2, Putri Syafira XI-IPA mapel Biologi terintegrasi meraih Juara harapan 3. Dari ketiga jawara tersebut, hanya satu yang bisa mengikuti KSM tingkat Provinsi yaitu ananda Khairil Anam dari pasangan bapak Amiruddin dan ibu Homsiyah yang berasal dari Dsn. Tanjung Anyar, Ds. Lebak, Kec. Sangkapura.





Tidak ada komentar untuk "KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) - MA HASAN JUFRI 2022 "