Widget HTML Atas

MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN PELAJARAN 2022/2023

DOC. MADRASAH

Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati setiap tahun oleh umat Muslim di seluruh dunia. Tradisi peringatan maulid atau maulud ini berbeda-beda di setiap daerah, khususnya di Indonesia. Tak terkecuali peringatan maulid di Bawean, yakni di Lembaga Yayasan Pondok Pesantren Hasan Jufri (MTs, MA, dan SMK). "Maulid Nabi Muhammad SAW Idola dan Inspirasiku " merupakan Tema maulid di tahun ini. Dengan berklaborasinya antar lembaga tersebut banyak hal-hal positif yang didapat, diantaranya partisipasi yang solid, pekerjaan semakin ringan, dan dengan adanya kolaborasi ini semakin menjalin keharmonisan antar lembaga. Hanya saja pada peringatan kali ini sangatlah sederhana. Namun, tanpa mengurangi khidmah dalam berjalannya acara.

"Peringatan maulid ini jauh sebelum hari H sudah mulai dipersiapkan, dengan penyusunan panitia yg beragam dari tiga lembaga yaitu MTs, MA, dan SMK Hasan Jufri. Setiap siswa diharapkan untuk merangkum hasil dari istima'nya (menyimak)", ungkap Bapak Hatwi, M.Pd., WaKa Kurikulum sekaligus Pembina OSIM MA Hasan jufri, Sabtu (13/10/2022).

Beliau menjelaskan, bahwa dengan diadakannya maulid ditahun ini pasca pandemi tetaplah mampu mengemban amanah untuk selalu menjunjung nilai-nilai spiritual khususnya peringatan Hari Kelahiran Baginda Rasulillah Muhammad SAW. tahun pelajaran 2022/2023. Disamping itu, para peserta didik dari ketiga lembaga tersebut, mampu mengurai apa yang disampaikan oleh sang Penceramah yang mulia Syeikh Aba Abror Al-Muqaddam, lc. sekalipun mereka diajangkan layaknya kompetisi antar peserta didik maupun antar lembaga. 

“Dipenghujung acara, diadakan pembagian hadiah yang sebelumnya dari kegiatan tengah semester (KTS) untuk kembali memupuk motivasi bagi setiap peserta didik. Dan dengan terlaksananya acara maulid tersebut, tidaklah kalah dengan kegiatan diluar yang memberikan warna-warni bunga serta isi dari wadah yang berisi jajan, makanan, bahkan alat-alat rumah tangga sekalian dan masih banyak lagi ragamnya,” jelasnya.

Poin-poin yang dapat diambil dari intisari acara tersebut diantaranya :
Sifat Basyariyah merupakan sifat yang ada pada manusia umumnya sedangkan sifat Khususiyah ialah sifat yang hanya diberikan kepada Nabi Muhammad saw.
Selain daripada dua sifat diatas, ada tiga aspek untuk lebih mengenal Rasulullah yaitu berdasarkan :
1. Suroh ialah tampilan fisik Nabi Muhammad saw.
2. Siroh adalah perjalanan hidup Nabi Muhammad saw.
3. Sariroh merupakan Akhlak Nabi Muhammad saw.
Inilah beberapa petikan kalimat yang sudah dilintaskan dalam literasi setiap peserta didik secara individualis. Dengan harapan nantinya bisa membekali serta bisa mengimplementasikan apa yang mereka dapatkan dengan mengikuti kegiatan tersebut.

Sementara segenap dewan guru, merasa termotivasi dengan Mau'idhoh Hasanah dan juga berbahagia atas terselenggaranya acara tersebut dengan lancar dan penuh khidmah.

DOC. MADRASAH

DOC. MADRASAH

DOC. MADRASAH

DOC. MADRASAH

DOC. MADRASAH


Tidak ada komentar untuk "MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN PELAJARAN 2022/2023"