Widget HTML Atas

MATSAMA MA HASAN JUFRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023


     Matsama merupakan akronim dari Masa Taaruf Siswa Madrasah yang merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah/sekolah pada awal tahun ajaran baru di tingkat MI, MTs, dan MA. Kegiatan Matsama sebelumnya lebih dikenal dengan MOS (Masa Orientasi Siswa) MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Melihat cakupannya yang dilaksanakan di lingkungan madrasah, maka Matsama merupakan bagian dari program pendidikan Kementerian Agama dengan Tanggungjawab Pelaksanaan:
1. Kepala madrasah bertanggung jawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Matsama;
2. Perencanaan kegiatan Matsama disampaikan oleh madrasah kepada orang tua/wali pada saat lapor diri sebagai siswa baru;
3. Matsama wajib berisi kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan
Dari tahun ketahun kegiatan Matsama MA Hasan Jufri selalu terlaksana dengan kemasan yang berubah-ubah dengan menyesuaikan keadaan. Untuk kesempatan kali ini Opening Ceremonial tepatnya pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 kegiatannya di kolaborasikan dengan Lembaga yg lain, seperti halnya MTs dan SMK Hasan Jufri. Dalam kegiatan Matsama di MA Hasan Jufri juga lebih banyak melibatkan pengurus OSIM sehingga Dewan Pendidik cukup memantau dengan aktivitas yang sedang berlangsung. Kegiatan Matsama ini memakan waktu selama 2 hari dengan jadwal agenda yang cukup padat, sekalipun tidak sehari penuh. 
Meskipun kegiatannya tidak semeriah mungkin, tapi masih bisa dikatakan sukses dengan tahapan yang sudah di siapkan dalam beberapa hari sebelumnya. Berkat Panitia beserta Dewan Guru yang berpartisipatif dalam kegiatan ini, akhirnya dapat terselesaikan sesuai waktu yang dijadwalkan.

LAPORAN  HASIL KEGIATAN

Kegiatan Matsama MA Hasan Jufri tahun ajaran 2022/2023 berlangsung selama dua hari. Hari pertama kegiatan Matsama dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 16 Juli 2022, Dan dimulai pukul 07.00 WIB. Kegiatan ini, diawali pembukaan yang diikuti oleh seluruh peserta MATSAMA/MPLS MTs, MA, dan SMK Hasan Jufri. Kemudian, seluruh peserta diarahkan menuju aula. Mereka dibuat 8 kelompok sekaligus pelaksanaan dinamika kelompok yang dipimpin oleh pendamping kelompoknya masing-masing, mereka dibuat 4 kelompok laki-laki, dan 4 kelompok perempuan, dan setiap kelompok berisi 12\13 orang. Dan selanjutnya,  seluruh kelompok diwajibkan membuat yel-yel.

Kemudian, acara dimulai dan dibacakan Tata tertib Matsama. Selanjutnya pengenalan seluruh dawan guru MA hasan Jufri. Setelah itu, mereka diberi wawasan tentang Pendidikan berkarater berupa Akhlakul Kharimah sebagai bekal untuk para peserta supaya menjadi siswa yang berakhlak, bertatakramah baik dan juga sopan. Kemudian, siswa diperkenalkan tentang Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM), mulai dari anggota, program kerja, sampai lama penjabatan. Setelah itu, pemaparan Tata tertib siswa MA hasan Jufri. Dan dilanjut dengan memperkenalkan kegiatan Ekstrakulikuler MA hasan Jufri, yang berupa Teater Lamor, Pencak silat (merpati putih), serta kegiatan pelatihan prestasi Non akademik seperti lomba-lomba dalam bidang olahraga, bidang ekspresi (cerita/teater), sampai bidang Aksi. Dan kemudian acara terakhir dalam kegiatan Matsama ini adalah Penugasan hari kedua, yaitu peserta/siswa diberi tahu apa saja yang harus dibawa atau dipakai untuk hari kedua. Dan tidak lupa pada sela-sela acara kami meminta peserta untuk menampilkan yel-yel mereka agar suasana dalam ruangan tetep semangat dan konduktif.

Hari Kedua kegiatan Matsama dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 17 Juli 2022. Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB di halaman sekolah MA Hasan Jufri. Untuk Senam pagi dan pelatiahan PBB yg dilatih langsung oleh DANRAMIL Sangkapura. Berhubung kondisi cuaca yang tidak mendukung dan tidak memungkinkan unuk berkegiatan di lapangan sekolah, peserta kami pindahkan ke ruangan kelas XII ICP dan X IPA, dan kegiatan senam pagi dan pelatihan PBB kami tiadakan karena Cuaca sedang hujan lebat, dan DANRAMIL Sangkapura tidak bisa hadir. Didalam ruangan, kami merubah acara secara total yang diawali dengan Absensi & Chek-in peserta, kemudian kami bermain Bersama, mulai dari bermain tebak-tebakan, bercerita, berlomba, menguji kekompakan grup, dan bernyanyi Bersama. Kemudian pembagian hadiah untuk 1 peserta paliang aktif laki-laki, 1 peserta paling aktif perempuan, serta 1 kelompok yang paling kompak. Dan yang terakhir kita foto Bersama dan bersih bersih, serta penutupan.

Dengan kalimat hamdalah kegiatan MATSAMA 2022/2023 berjalan dengan lancar, tertib dan tanpa terjadi sesuatu hal yang tidak menyenangkan.



Tidak ada komentar untuk "MATSAMA MA HASAN JUFRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023"